usai..

Cerita kita begitu panjang dan bertele-tele, tetapi tidak pernah jelas dan sepertinya tidak mungkin jelas sampai kapanpun. Sementara perasaan terus bermain lincah tanpa lelah ditengah ketakutan akan kenyataan; kita dituntut berani hidup berbeda. Dan kau, tidak pernah punya nyali untuk berkata terus terang, tentang perasaan, tentang yang kau inginkan, apalagi menentang arus. Aku memang ragukan itu, apalagi ditengah perasaanku yang selalu merasa tidak berhak…

Jangan khawatir, meski besar perananmu terhadap akhir ceritaku. Tapi “palu hidup”-ku aku ketuk sendiri, dengan keberanianku, dengan kesadaran penuh bahwa ini adalah tentang aku, tentang hidupku. Hidupku akan seperti apa, aku yang memilih. Bukan aku menyepelekan Tuhan, tidak samasekali. Tapi aku berkeyakinan, bukan hal yang benar bila aku ‘melepas tanggung jawab’ hidupku kepada Nya, dengan melulu berdo’a dan berharap petunjuk Nya, apalagi ketika hidup mulai tidak sesuai harapan; akan kacau akibat ulah sendiri. Padahal apa yang ku buat seharusnya sudah dengan pertimbangan akal sehat, perasaan dan ridhanya. Aku berusaha mengoptimalkan apa yang telah Tuhan beri untukku. Kemampuan berpikir, pengetahuan, pengalaman hidup yang panjang, dan ajaran agama yang aku miliki meski ku akui betapa minimnya itu.

Inilah akhir cerita yang harus kuputuskan. Mungkin aku sudah sangat berpengalaman dalam sakit hati dan kecewa, tapi percayalah rasanya tetap sama, tidak berkurang sedikitpun karena alasan sudah ‘terbiasa’. Hidup adalah gradasi antara senang dan sakit hati. Kadang aku berada di ujung yang satu, kadang berada di ujung yang lain, tapi lebih sering diantaranya. Kali ini aku memutuskan, kembali ke sisi yang sangat tidak enak, mudah-mudahan hanya untuk sejenak. Walau kembali sedh dan kecewa, aku tahu yang kujalani hanya sekedar mengikuti hukum alam sebab akibat laku dan perasaan. Esok pasti aku akan berada diantaranya, dan suatu saat di sisi yang lain, sama seperti kemarin.

NN okt 5, 2012

Leave a Reply

