Ternyata bukan persoalan IQ, SQ dan EQ semata..

Hari ini terasa sangat melelahkanku, padahal seharusnya tidak. Tapi, apa boleh buat, hari memang tidak harus selalu berjalan lancar, menyenangkan dan sesuai keinginan kita bukan?  Tokh semua orang pasti akan pernah merasakannya ;)  dan  ternyata hari ini giliran itu kembali datang kepadaku.  Ku coba – di sela-sela rasa yang tidak enak ini –  menikmati saja apa yang tengah ku jalani.  Di sela lelah, kantuk dan dinginnya ruang ber AC….

Bapak ini adalah orang terahir yang ku ajak ngobrol. Kasihan memang… dia sudah menunggu begitu lama. Untunglah… bapake masih terlihat bersemangat,  dan energi semangatnya pun menyergapku dengan segera :)  dan..  inilah aku  yang mulai bersemangat kembali dan sedikit tertular ceria..

Ceritanya agak  ‘menjanjikan’.  Saat ini ia memimpin bagian keuangan, dan seringkali juga ikut turun tangan langsung untuk mengerjakan ini dan mengurus itu (hmm.. terdengar banyak dan sibuk sekali). Aku pun mulai berpikir jauh tinggi tentang kemampuan berpikirnya.. apalagi katanya “bawahan yang mengumpulkan data dan menghitung, saya bagian analisa”, dan ceritapun mengalir…  Tapi,  bicaranya  samasekali tidak mendukung pikiranku. Nilainya diatas kertaspun sama saja.  Lalu? Apakah seluruh cerita tentang kesibukannya itu hanya bualan?

Hmm.. tapi usianya tidak muda lagi untuk terlalu banyak membual, lagipula dia sudah puluhan tahun bekerja di bagian  penting perusahaan.   Masa sih posisi penting itu hanya dicapai oleh kepandaiannya membual?  akh, pikiranku tak dapat kuhentikan dari bertanya dan bertanya..  bagaimana caranya dia “tiba  di Roma”?? :)  sampai-sampai aku tak lagi dapat mendengar sisa ceritanya..🙂

Pengetahuan terkini menyatakan bahwa, dibanding dengan IQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient) lebih berperan penting dalam keberhasilan seseorang. Bekerja dan kemudian menjadi pimpinan bagian keuangan untuk jangka waktu cukup lama. Hmm… itu artinya  dia berhasil bukan? kalau IQ tidak mendukung,  inikah sebabnya? dia memiliki EQ atau SQ yang baik? Tapi dia sombong, bicaranya seringkali terlalu membanggakan diri. Isi pembicaraannya dangkal tidak pernah bergerak lebih dalam, samasekali tidak menunjukkan kemampuan untuk menganalisis persoalan. Ia hanya berbicara seputar betapa banyaknya tugas yang dapat ia kerjakan, betapa beraninya dia menghadapi preman-preman perusahaan, bagaimana ia menjadi mudah marah menghadapi orang malas,  dan bahwa dia dapat mengingat tanggal-tanggal pembayaran meski untuk setahun ke depan.

Sombong memang diakuinya. Ia sering membanggakan diri juga tidak ditutupinya. Alasannya masuk akal, dia merasa berhasil.  Siapa tak bangga kalau sekian puluh tahun  dipertahankan perusahaan. Meski sudah hampir sepuluh direktur berganti, dia tetap berada dibagian penting itu, dengan posisi yang semakin tinggi.  Tapi… tetap saja, aku belum menangkap  hal istimewa darinya kecuali semangatnya, keramahannya, keterbukaannya..  dan  keliatannya ia  senang berbicara…😉

Ah..  kembali,  bersama lelah dan kantuk sang waktu mulai mengejarku.   Langit smemang sudah mulai gelap.  Semangatnya terlihat mulai mengendur, dan itu menular juga kepadaku .. hehehe..  Akhirnya, ini harapan terahirku. Kusampaikan padanya bahwa sudah hampir 10 direktur berganti, sekian puluh tahun kalendar berubah tetapi kedudukannya seperti tak tergoyahkan,  pastilah dia seorang yang sangat dapat dipercaya dan diandalkan.  Dan, katanya… ” yah memang selama ini HANYA saya yang tahu, berapa banyak uang telah mengalir ke kantong pribadi para direktur itu. Dan, semua sama saja.. tidak ada satupun yang berbeda kecuali dalam jumlah uang yang digunakan”.

Owalaahh.. ini dia jawabnya.  Bukan semata-mata persoalan IQ, EQ atau SQ, tetapi  ‘bisa dipercaya’ dan ‘pandai menutup rahasia’.  Rupanya,  inilah faktor penting yang melancarkan perjalanannya menuju ke   ‘Roma’.   Akh…😦

NN
Januari 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s