Mari kita lucu :)

smile5Bersyukurlah kalau anda punya ‘sense of humor’. Bukan cuma diri sendiri yang merasa terhibur terus, tetapi orang lain juga bisa ikut menikmati (dengan catatan : kalau lucu). Sudah sering kan denger istilah ketawa itu sehat ? atau pernah gak dengar orang bilang humor itu penting untuk kesehatan mental?

Eh, ternyata itu teh bukan sekedar isapan jempol belaka, tapi rupanya isapan ke sepuluh jari kita🙂.  Mari kita simak apa kata Steven M. Sultanoff, PhD yg bisa dibilang ahlinya humor – soalnya kerjaan dia sehari hari memang ngurusin masalah perhumoran, berikut fungsi terapinya. Apa sih kata sang ahli tentang  ‘alasan kenapa humor dikatakan penting untuk kesehatan mental’.

Pertama, lewat humor, kebutuhan manusia untuk berafiliasi dengan orang lain meningkat. Adanya humor dalam sebuah interaksi membuat orang lebih tertarik untuk berhubungan dengan orang lain. Atau, dengan kata lain seseorang lebih semangat untuk melanjutkan sebuah hubungan sosial.

Kedua humor mengurangi stress dengan mengajarkan kita memandang dunia lewat perspektif lain. Maksudnya, sebetulnya stress yang kita rasakan itu lebih banyak disebabkan oleh cara kita ‘memandang’ situasi atau oleh cara kita berpikir tentang suatu situasi atau kejadian.  Jadi, humor mengajar kita memandang situasi dari sisi lain yang malah bisa bikin ketawa atau senyum-senyum sendiri bukan bikin stress. Oke juga kan? Tapi mudah-mudahan bukan senyum-senyum sendiri coz of stress yang dalem dan berkepanjangan..😉

Ketiga, humor membantu kita mengganti atau merubah emosi yang distress dengan perasaan yang menyenangkan.

Ke empat humor merubah perilaku kita. Ketika kita ber – humor ria, kita menjadi lebih banyak berbicara, lebih banyak melakukan kontak mata dengan orang lain, bahkan menyentuh orang lain. Jadi jelas humor itu bisa meningkatkan energi, dan dengan energi yang meningkat kita pun akan beraktifitas tertentu yang pada awalnya mungkin cenderung kita hindari.

Kelima humor merubah keadaan biochemical kita dengan menurunkan hormon-hormon stress dan meningkatkan antibody yang memerangi infeksi. Lalu meningkatkan tingkat perhatian kita, denyut nadi dan detak jantung kita.

Terahir, yang penting nih… katanya, humor is good for mental health because it feels good! (Hmm.. yang ini mah kayanya benar-benar tidak diragukan bukan?).

Maka oleh karena itu, no wonder deh kenapa Mahatma Gandhi aja sampai berucap : “If I had no sense of humor, I would long ago have committed suicide”. Tuh.. belum pada tau kan kalau Mahatma Gandhi juga ternyata punya sense of humor dan merasa sangat bersyukur oleh karenanya…

So? tunggu apa lagi? Mari deh kita lucu🙂

advice

NN

One thought on “Mari kita lucu :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s