Inikah Pahala ?

When you do things from your soul you feel a river moving in you, a joy. When action come from another section, the feeling disappears ~ Jalal ad-Din Rumi

Ada yang tau gak sih pahala itu apa sebenarnya, dan bentuknya seperti apa? Hmm.. pasti bingung karena belum pernah ada satu orang pun yang bersaksi pernah melihat yang namanya si pahala kan ??ūüėČ tapi meski demikian tokh seruan “berlomba-lomba lah mencari pahala”¬† itu tetap dikumandangkan dimana-mana.

Mari berlomba mencari pahala. Buat apa? ya tentunya supaya bisa masuk surga dong, memang ada peruntukan lain selain itu? Pahala kan sering di sebut-sebut sebagai tiket masuk surga oleh banyak orang. Masa iya kita disuruh berlomba mengumpulkan pahala tapi ga tau tujuannya untuk apa? Tanpa harus merinci lebih detil, rasanya hampir setiap orang sudah paham dengan apa yang dimaksud, mestilah maksudnya adalah agar orang-orang ber segera lah dan ber banyak-banyak lah berbuat kebaikan. Maka, tampak lah ini sebagai seruan yang bagus.. setuju?¬† Sayangnya aku kurang yakin.. mohon maaf, aku malah berpikir…. ini bisa berbahaya.¬† Bukan tidak mungkin akhirnya manusia terjebak oleh hitung-hitungan¬† perolehan pahala tanpa¬† peduli, apalagi menghayati prosesnya.

Pahala bisa dipahami sebagai ‘reward’ atau hadiah atau ganjaran. Tapi, sementara ‘reward’ itu bisa kelihatan wujudnya (bisa juga tidak) maka tidak demikian dengan pahala, dia bagai sebuah teka teki¬† “di kejar-kejar banyak orang¬† walaupun tidak bisa dilihat”.

Daripada bingung berkepanjangan, mari kita tengok belahan bumi lain yaitu di bagian barat sana. Siapa yang tidak tahu acaranya Oprah? rasanya tidak akan ada yang unjuk tangan disini, kalaupun ada percuma saja karena aku tidak bisa melihatnya.. hehe.. Pada suatu waktu dia membuat satu acara yang cukup unik, yaitu membagi-bagikan sejumlah uang kepada pemirsa (yang beruntung) dimanapun berada. Masing-masing mendapat 200 atau 400 dollar (aku lupa tepatnya). Bukan untuk digunakan oleh pribadi tetapi harus di dermakan kepada orang lain yang mereka inginkan. Apa tujuannya? mendapat pahala? Mmm.. bingung. Emang mereka ngerti pahala? waahh gak tau deh, tapi jelas mereka tahu arti ‘reward’, wong bahasanya deweūüôā

Apa tujuan Oprah dengan acaranya itu? Jawabannya jelas tersurat dari jawaban-jawaban mereka yang kebagian dollar tadi. Terhadap pertanyaan “Apa yang mereka rasakan saat mereka dapat memberi uang kepada mereka yang membutuhkan?” Jawabnya beraneka, tetapi intinya mereka dapat merasakan atau menghayati bagaimana nikmatnya berbuat baik terhadap orang lain. Bagaimana bahagianya hati ketika dapat membantu orang-orang yang berkesusahan.

Sebetulnya tidak perlu menonton acara Oprah untuk bisa mengetahui perasaan itu. Semua orang pasti akan merasakan hal yang sama. Oprah hanyalah mengingatkan kembali, mengangkat kepermukaan, agar orang-orang lebih menyadari, “ngeh” dengan perasaan positif itu sehingga lain kali bisa lebih menghayati dan menikmati arti dari berbuat baik.

Ahaa !! inikah yang namanya pahala ??

Di dalam teori psikologi belajar, ada 2 jenis ‘reward’ yaitu yang bersifat intrinsik, dan yang ekstrinsik.¬† Reward Intrinsik adalah ‘hadiah’ atau ganjaran yang ‘diberi’ oleh diri sendiri, bukan dari luar. Rasa puas, rasa lega, rasa bahagia dan rasa bangga adalah contoh dari ganjaran tersebut. Dia dapat muncul dengan sendirinya segera setelah seseorang berbuat sesuatu yang baik, dan, karena rasanya enak dan menyenangkan maka ia dapat mendorong seseorang untuk mengulangi kembali perilaku tersebut.

Sementara reward ekstrinsik adalah hadiah atau ganjaran yang muncul atau diberi dari luar, seperti misalnya mendapat hadiah uang karena tamat puasa, atau mendapat ‘Award’ karena berani dan mau mengakui telah melakukan korupsi seperti pada kasus anggota DPR Agus Condro.¬† Jelas bahwa¬† kedua reward ini berfungsi sama yaitu ‘”agar perilaku yang diharapkan muncul kembali, atau dilakukan kembali”.¬† Biasanya reward ekstrinsik dimanfaatkan untuk membentuk perilaku pada anak-anak, atau bisa juga pada orang dewasa, dengan harapan pada akhirnya ia akan berperilaku sesuai harapan, ¬† tanpa memikirkan hadiah atau ganjaran yang akan diperoleh, dengan kata lain, reward sudah berubah menjadi instrinsik. Atau dalam bahasa awam, dia ikhlas dan tanpa pamrih dalam berperilaku.

Inikah pahala? reward intrinsik yang akan menuntun manusia untuk senantiasa berbuat kebajikan dengan ikhlas tanpa pamrih? Apabila benar, maka berbahagia lah kita karena ternyata yang namanya pahala itu ada di dalam diri manusia itu sendiri; dia adalah berbagai perasaan indah yang muncul saat berbuat  kebaikan. Artinya bila berbuat baik itu bertujuan riya alias untuk pamer semata maka rasa itu mungkin tidak pernah ada. Apakah itu berarti tak berpahala? Dan, kalau saja anda pernah merasakan berbagi dengan ikhlas justru saat sedang tidak punya bin miskin maka nikmat itu begitu luar biasa terasa. Apakah itu berarti pahala berlimpah?

Walahualam. Hanya Allah yang Maha  Mengetahui dan yang menciptakan segala nikmat dan rasa.

NN

2 thoughts on “Inikah Pahala ?

  1. Arigato san

    Inikah pahala? reward intrinsik yang akan menuntun manusia untuk senantiasa berbuat kebajikan dengan ikhlas tanpa pamrih? Apabila benar, maka berbahagia lah kita karena ternyata yang namanya pahala itu ada di dalam diri manusia itu sendiri; dia adalah berbagai perasaan indah yang muncul saat berbuat kebaikan. Artinya bila berbuat baik itu bertujuan riya alias untuk pamer semata maka rasa itu mungkin tidak pernah ada. Apakah itu berarti tak berpahala? Dan, kalau saja anda pernah merasakan berbagi dengan ikhlas justru saat sedang tidak punya bin miskin maka nikmat itu begitu luar biasa terasa. Apakah itu berarti pahala berlimpah?

    Walahualam. Hanya Allah yang Maha Mengetahui dan yang menciptakan segala nikmat dan rasa.

    Pada untaian alinea yang santun tersebut mengalirkan energi yang menenangkan jiwa, menenteramkan perasaan, dan membangkitkan optimisme.

    Terima kasih, dan salam.

    Reply
  2. Pingback: Alhamdulillah.. Assallamualaikum.. Astaghfirullah.. « Tomorrow!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s