Seputar Komunikasi – Karantina Miss Indo. 2008

Becky Tumewu, Erwin Parengkuan dan Alexander Sriewijono, juga tidak ketinggalan dalam urusan bekal membekali para finalis. Satu persatu dari tiga serangkai yang katanya “empunya Talk Inc.”, berbicara seputar komunikasi yang mutlak dibutuhkan oleh seorang Miss bukan? Satu topik yang menurut aku pas banget untuk para finalis saat itu adalah :

”Beautiful Mind”

Judulnya keren, disampaikan oleh Alexander Sriewijono seorang psikolog, dan cara penyampaiannya pun cukup menarik tidak membosankan. Isinya, menurut daya tangkap aku sih tentang : ”bagaimana pentingnya bagi seseorang untuk dapat mengungkapkan pikiran-pikiran dan perasaan-perasaannya secara tepat, lewat bahasa yang unik/indah sehingga dapat membuat orang lain terkesan/kagum, atau bahkan terinspirasi untuk menjadi seperti dia”. Bahasa yang dimaksudkan tentu saja bisa berbentuk ucapan verbal, ataupun nonverbal. Jadi bukan hanya diungkapkan lewat kata tetapi juga disertai oleh bahasa tubuh (body language) yang tepat.

Meskipun bicara soal komunikasi tetapi pada intinya, ‘beautiful mind’ juga berbicara tentang alam pikiran/pandangan yang indah dari seseorang yang dapat diutarakannya atau dikomunikasikannya dengan tepat. Lalu setiap finalis diminta untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka tentang kata ’senyum’. Maka meluncurlah berbagai kata dan kalimat tentang itu yang tidak dapat aku ingat samasekali. Maklum lah 33 ucapan tentang senyum dari 33 finalis, mana mungkin bisa aku ingat semua. Maksudnya, mereka belum mampu untuk mengesankan aku?😉 Hehe… bisa jadi, namanya juga masih usaha. Aku jadi ingat wisewords, kalau bahasa verbalnya sih rasanya kurang lebih seperti itulah yang diharapkan bisa muncul dari seorang miss; kata-kata yang indah dan mengandung makna.  Dan yang tak kalah penting saat mereka mengungkapkannya, ya harus sambil tersenyum juga dong.. senyum yang wajar tentu saja, bukan yang dibuat-buat. Kalau saja Annie (tokoh utama di film musik Annie)  ada disitu pasti dia bakalan bilang : “You are never fully dressed without a smile”😉

Bahasa Verbal dan Bahasa Tubuh (nonverbal)

Siapa sih yang tidak kenal Becky Tumewu dan Erwin Parengkuan? Jujur saja, aku tidak. Becky jelas aku ingat karena dia adalah pembawa acara yang aku sukai. Erwin? Nah ini yang aku lupa, ingatanku baru pulih perlahan-lahan setelah melihat orangnya, kalau tidak salah dulu dia adalah pembawa acara olahraga di RCTI. Iya bukan?

Namanya juga 3 serangkai ”Talk Inc.”, tentu saja bahasan mereka saling mengisi satu sama lain. Setelah ”Beautiful Mind” yang berisi tentang bagaimana pentingnya mengesankan orang lain lewat komunikasi bahasa ucapan (verbal) dan bahasa tubuh (body language), maka Erwin pun bicara tentang bahasa ucapan (komunikasi verbal) dan Becky tentang bahasa tubuh (komunikasi nonverbal), yaitu bagaimana mimik muka, ekspresi wajah, gerak tubuh itu mempengaruhi komunikasi kita . Ada juga sih yang aku ingat disini karena  menurutku ini kejadian jadi rada lucu juga. Di saat Erwin membahas komunikasi verbal. agar supaya bahasannya lebih bisa dipahami oleh para finalis, maka Erwin pun memberi contoh untuk menunjukkan ”bagaimana komunikasi yang jelas bisa langsung ditangkap/dipahami oleh orang lain”. Maka ia mengajukan  sebuah pertanyaan untuk dijawab finalis. Ternyata… satu finalis menjawab ’ga nyambung’, lalu finalis kedua, sama juga ’ga nyambung’, ketiga? masih ga nyambung juga, ke empat? Alhamdulillaaahh.. akhirnya ada yang nyambung juga🙂

Aku hanya berpikir,  kayaknya sih yang ditanya pada grogi deh.. karena menurut aku sih pertanyaannya jelas kok sejak awal, sayangnya aku lupa juga nih pertanyaannya. Tapi yang aku ingat, saat dia melontarkan pertanyaan, aku dan si emak disebelahku langsung berbisik-bisik saking ngertinya..hehe.. Soalnya terhadap aku dan emak lain tidak ada sorotan kamera ataupun sodoran mike yang bisa membuat grogi. Jadi menurut aku kesalahan ada pada kamera dan mike bukan pada orang-orangnya 🙂

Arif Suditomo, wajahnya sering merah merona )

ngga mau di foto takut sama ibu-ibu? atau

permintaan khusus😉

Akhirnya lengkap sudah ilmu ’manggung’ untuk para finalis dari sisi tata cara berkomunikasi.

Eh, tapi.. ternyata ada satu kejutan, bukan cuma bagi para finalis, buat kita juga lho.. para mak nyak😉, ternyata Arief Suditomo jadi pembicara juga !! Nah kalau yang ini jelas lah aku ingat betul. Wong dulu sering banget muncul di TV kan? Sayangnya aku juga tidak ingat apa yang dibahasnya saat itu. Yang aku ingat adalah, semua orang jadi ngga ngantuk . Biasanya habis sarapan, atau habis makan siang mesti mata maunya nutup terus, nah kali ini enak deh ada ’obat ngantuk’ hehe… Biar kata ngomongnya lancar dan terlihat ”PD aje” kalau tampil di layar kaca, kenyataannya bapak ini orangnya pemalu lohh… Lha wajahnya aja bisa mendadak merah merona sendiri kok, apalagi bicara didepan 33 perempuan cantik (atau karena ada 6 emak2 ?) makin grogi kali ya?

)

hmm... udah mirip finalis🙂

Tapi ada satu yang aku ingat betul, mesti rada-rada seru nih, saat itu dia bercerita tentang “ungkapan nyelenehnya” para crew TV terhadap mereka yang diduga telah berbuat curang (korupsi misalnya). Ternyata mereka punya cara-cara sendiri untuk ‘ngerjain’ orang-orang tersebut diatas😉 sebelum tampil untuk diwawancarai di TV.. Tapi mohon maaf aku tidak bercerita disini. Pokoknya selama anda jujur dan lurus-lurus aje, ngga usah khawatir deh kalau diundang wawancara di televisi manapun, pasti anda dilindungi oleh Nya hehe..

Untuk cerita kali ini, aku cuma punya dua foto. Bukan karena yang lain dinilai kurang penting, tapi saat ini memang tidak ada acara foto bersama dengan yang lain kecuali dengan Arif, dan kebetulan para meknyak itu memang lagi pada ‘ngidam’ foto bersama bapak yang satu itu.

(masih ada sambungannya)

Nana

Leave a Reply

