Mertua oh Mertua

Sama dengan menantu perempuan pada umumnya, aku juga suka rada-rada merinding euy kalau denger kata ”mertua”. Dan akhir-akhir ini kayaknya malah sudah terkena “sindrom mertua phobia”, sampai-sampai lamaaa banget ngga nengok2in. (Alasannya) kesibukanku selama ini menyita waktu😉.

Rupanya sang mertu malah ’cinta’ banget ma ogut😉 karena telpon terakhirnya bilang tidak ada pilihan lain dia harus menitipkan dirinya selama kira-kira sebulan dirumahku, maka semakin menjadi-jadi lah phobia ku itu. Tapi apa boleh dikata, masak aku bilang ”ngga boleh??”. Menantu durhaka banget dong judulnya.

Pada saat yang sama, ’kerjaan’ nelpon aku juga.. Eh aku diminta ke Padang 5 hari, pas banget di hari mertua kerumah. Dan temanku bilang, ”nanti siang di kasih tau kapan briefingnya”. Horeeeee…… Gembiraku pun menjadi berlebihan.. Ntah alasan mana yang paling tepat, karena belum pernah ke Padang, atau karena terhindar dari mertua aku sendiri bingung.

Semalam waktu aku cerita soal mertu ke teman2, katanya, Sabaaar buu… Jadikan semua itu ladang beramal. Mertu itu kan = pengganti ibu, apalagi tinggal dia sendiri dan sudah tua. Bener juga sih… tapi saat itu, kata2 itu cuma hiburan klise bagiku. Mudah diucapkan sulit dilaksanakan…

Di sudut hati, gembiraku yang lebai itu mulai membuat waswas. Konon katanya, nabi Muhammad tidak menyukai hal-hal yang berlebihan. Hmm.. mesti ada apa-apanya nih kalau sampai nabi ga suka.. Lalu tersirat dibenak, jangan-jangan ’niat lari’ ku itu malah membuat batal ke Padang…. Oh my God, apa yang akan terjadi kalau sampai benar demikian??? Tak lama kemudian sms masuk. ”Mbak.. maaf banget, ke Padang batal, masih ada masalah intern perusahaan”.

Ehm ehm ehm…. rupanya takdir menggariskan aku untuk hidup berdamai bersama mertua terhitung sejak awal kepindahannya hehe… Jadi jadi jadi… tidak ada jalan lain kecuali menyesuaikan diri lah demi damai di bumi dan dihati ?? Oh my god…..

Hari ini adalah hari ke 16 mertua tinggal bersamaku. Ternyata everything is undercontrolled, situasi aman terkendali, dan bumi damai sejahtera.. Ada sih dikit-dikit spleteran mah tapi Alhamdulillah masih terkendali🙂. Bener juga ape kate orang : “seringkali kita lebih takut terhadap ketakutan itu sendiri bukan terhadap obyeknya”.

Lama tak jumpa, jarang komunikasi membuat prasangka itu makin besar dan jurang itu makin lebar. Benar kata si bungsu, mertua ku itu sebetulnya rada-rada lucu dan unik. Dia suka lagu rap, dan semangat mau nonton anak lelakiku manggung untuk yang pertama kalinya di sebuah cafe. Waaahh kebayang ga sih lucunya kalau ada nenek2 (umur 80) nongkrong di cafe menikmati musik rap yang grabak grubuk itu.. hehe.. Kalau memang ada, tidak salah lagi itu pasti mertua gw.. 🙂

Nana

4 thoughts on “Mertua oh Mertua

  1. t mi2 t a

    Beruntunglah masih punya mertue, biar kata ” mertue ” nyeremin, yang penting masih ada geetoo. Apalagi mertua yang suka ngerap, kayaknya cuma ada satu didunia… yaa mertua lo itu….
    Jadi jaga baik2 mertuamu, jangan sampai dia pergi sendiri ke cafe n ikutan ngerap sama cucunya orang lain…
    Heuheuy deudeuhhhh…..

    Reply
  2. Ratna Isnasari Post author

    teu mungkiinn.. soalna biar hobi jalan, tapi sekarang udah perlu bantuan orang lain untuk megangin n nuntunin. Kecuali kalau yang megangin tergolong manusia nekad n rapper😉

    Reply
  3. arieya..

    HEHE.. TU KAN, SUDAH DIBILANGIN DONT JUDGE A BOOKS BY ITS COVER.. WALAUPUN AKU INI HANYA UMUR I6… TPY, AKU FAHAM BANGET SAMA HAL RUMAHTANGGA. KAMU BERUNTUNG LOH DAPAT MERTUA KAY GITU.. SEMOGA BERBAHAGIA YA..

    Reply
  4. Ratna Isnasari Post author

    wah kereenn… Baru umur 16 tahun? pasti kalau menikah nanti kamu bakalan jadi menantu kesayangan mertua🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s