Angan-angan – Finalis Miss Indonesia 2008

ANGAN-ANGAN

Ini pekerjaan baru buat ku. Karena merasa jenuh dan lelah oleh kerja2 sebelumnya yang selalu always menguras daya pikir, daya ketik dan daya mental, maka tawaran bergabung dengan kepanitiaan Miss Indonesia bagai siraman air hujan di padang pasir nan tandus dan gersang..hehe.., sesuatu yang sangat berbeda, masuk dunia hiburan bo! Semoga ’refreshing’ deh judulnya🙂.

17 hari ikutan di karantina, hmm… lama banget ya? Tapi gpp deh seperti biasanya aku selalu semangat berada ditengah-tengah anak muda. Cerita mereka tentang dunianya dan dari sudut pandangnya selalu asik untuk disimak. Siapa tahu, idealisme dan harapan dapat diselipkan diantara kata-kata dan canda bersama mereka. Kalau generasi tua dinilai sudah tidak bisa diharapkan, maka yang muda yang penuh semangat masih mempunyai banyak kesempatan untuk membuat perubahan perbaikan sosial, minimal di lingkungan terdekatnya. Maka gak ada salahnya juga kan menjadi ’public figure’ lewat ajang pemilihan miss Indonesia karena sebetulnya banyak peluang didalamnya untuk memulai melakukan perubahan perbaikan itu. Setuju? Ya harus..🙂

Untuk lingkup karantina, ngga perlu lah bermimpi membuat perubahan besar. Tentunya (harapanku) ini adalah semacam jembatan penggemblengan. Disini mungkin bisa terjadi perubahan perbaikan untuk diri pribadi sehingga kalaupun tidak berhasil menjadi miss, setidaknya para finalis merasakan adanya suatu perubahan berarti dalam dirinya. Mereka menjadi berbeda dari anak muda kebanyakan. Potensi-potensi positifnya mulai diasah disini, sehingga pribadi serta perilakunya kelak harus lebih berkualitas.

Menjadi anak muda yang lebih berkualitas? Maksudnya?

Jargon Miss Indonesia tahun 2008 adalah MISS (Manners, Impressive, Smart dan Social). Keren kan? Sayangnya jargon, berikut visi dan misi diuraikan terlalu singkat dan kurang jelas saat dipaparkan oleh sang ’founder’ dihadapan finalis. Jadi ciri/karakteristik miss Indonesia yang dimaksud seolah berada di atas awan, membingungkan dalam tindak nyata; sebetulnya perilaku-perilaku konkrit macam manakah yang diharapkan ada dalam diri seorang miss. Aku pun cuma bisa mereka-reka, sedikit comot sana somot sini; sebagian menurut daya tangkapku saat itu, sisanya adalah mengarang bebas.. :p

Maka tergambarlah kurang lebihnya ciri seorang miss yang dimaksud itu (tapi juga masih bersifat umum). Mereka haruslah berperilaku santun dan beretika, keberadaannya secara keseluruhan mengesankan lingkungan sekitarnya; penampilan fisiknya tentu saja, kecerdasannya, jiwa sosialnya, kepeduliannya terhadap hubungan dan masalah sosial. Bahkan kata psikolog Alexander Sriewijono, dalam pembekalan/pemaparan tentang ’beautiful mind’, Miss Indonesia harus inspirasional, artinya ketika orang-orang melihat dia; bertemu dengannya, maka ada rasa terpesona, tak berjarak, dan terdorong untuk menjadi pribadi seperti dia. Hmm.. setujuuuu…. Dan, satu lagi, sebetulnya cuma harapanku yang terlambat sih, andai jargon Moralitas masuk didalamnya. Baru deh.. kau begitu sempurna…

Lepas dari urusan karakteristik yang samar-samar ‘the show must go on, right?’ tentu saja jadi wajib hukumnya kalau mereka yang terpilih saat audisi haruslah yang dinilai memiliki ciri-ciri tersebut, kalaupun ada ciri yang masih terpendam (potensional), barangkali masih bisa di asah saat karantina. Semoga.

Maka terpilihlah 33 finalis yang berasal, atau mewakili setiap daerah propinsi yang ada di seluruh tanah air. JRENG !! dan… mereka siap masuk karantina.. (baca juga: Karantina oh Karantina, Pembekalan kategori: Miss Indonesia 2008)

Nana

2 thoughts on “Angan-angan – Finalis Miss Indonesia 2008

  1. Ratna Isnasari Post author

    wah maaf mas, berhubung kejadiannya sudah beberapa bulan lalu, dan aku tidak mengurusi administrasi jadi aku cuma inget beberapa, itu juga bukan nama lengkapnya.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s